22 April 2012

Info: Kable Gas


Merawat Kabel Gas, Cegah Tangan Pegal




Curah hujan di beberapa daerah masih cukup tinggi. “Air hujan bisa jadi penyebab kabel gas seret. Karena bisa menimbulkan karat di kabel. Jadi, butuh pelumasan juga. Kalau tidak, tangan bisa pegal,” jelas Herman Heriyanto, pemilik bengkel Valerian Motor yang berada di Jl. Ipik Gandamanah, No. 32, Munjul, Purwakarta, Jawa Barat.

Iya, pegal karena kudu keluarkan tenaga ekstra buat memutar grip gas selama motor melaju. Nah, ada tiga macam tipe kabel gas yang diaplikasi di motor. Pertama, kabel gas yang terdapat bandul kecil buat pengait kabel gas ke botol skep. Ini bisa dilihat di Honda Supra, Suzuki Shogun 125, Suzuki Smash, Honda GL-Pro, Honda Mega Pro dan Yamaha RX-King.

Lalu, kabel gas dengan bandul yang ukurannya lebih besar buat kaitkan kabel gas ke part pembuka butterfly alias katup kupu-kupu di karbu atau throttle body. Misalnya di Yamaha Mio, Honda Supra X125 injeksi dan Suzuki Shogun 110.

Terakhir, kabel gas bandulnya kecil tapi di kabel luar ada baut yang berfungsi untuk menyetel kabel gas. Misalnya di Yamaha Jupiter MX. “Karena tiap tipe kabel gas berbeda, maka beda juga cara membersihkannya,” ujar Soele, panggilan Herman.

Buat kabel gas yang ada bandul dan dilengkapi setel kabel gas, membersihkannya pakai plastik yang diberi udara. Caranya, siapkan plastik, oli atau bensin. Lalu, buka kabel gas yang nempel di karburator. Jika sudah, masukkan oli atau bensin itu ke dalam plastik.

Setelah itu, masukkan udara ke dalam plastik. Bisa pakai udara dari kompresor atau udara dari mulut yang ditiupkan ke dalam plastik tadi. Kini, masukan ujung kabel gas ke dalam plastik lalu ikat kencang. Jika sudah, tekan plastik hingga pelumas atau bensin hingga masuk ke dalam selubung kabel gas.

Nah, buat kabel gas tipe bandul kecil, caranya berbeda. Cara membersihkannya cukup pakai slang pembuangan cairan dari aki. Caranya buka kabel gas dari botol skep. Kemudian pasang slang sekitar 10 cm diujung kabel gas. Lalu isi slang yang sudah dipasang dikabel gas pakai bensin atau oli. 

"Setelah itu, semprot slang pakai tekanan angin dari kompresor,” terang Soele yang bukan pemain serial Opera Van Java itu. Dirawat! (motorplus-online.com) 

No comments: